Peran Orang Tua dalam Mendorong Prestasi Peserta Didik di Segala Kondisi di SMPN 8 Palangka Raya

Authors

  • Indah Rahmawati Universitas Palangka Raya
  • Misnawati Misnawati Universitas Palangka Raya
  • Olga Dona Retsi Universitas Palangka Raya
  • Patrisia Cuesdeyeni Universitas Palangka Raya
  • Albertus Purwaka Universitas Palangka Raya
  • Ita Sasmita Universitas Palangka Raya
  • L. Akbar Hardin Universitas Palangka Raya
  • Proyekta Oktorina Universitas Palangka Raya
  • Yuliani Yuliani Universitas Palangka Raya
  • Linggua Sanjaya Usop Universitas Palangka Raya
  • Yuliati Eka Asi Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v3i2.1410

Keywords:

Parents Role, Learning Achievement, Socio-Economic

Abstract

This research examines the role of parents in encouraging students' learning achievement at SMP Negeri 8 Palangka Raya. The purpose of this study was to determine the role of parents in encouraging student achievement in all conditions at SMP Negeri 8 Palangka Raya. The method used was descriptive method with interview techniques to two interviewee with different socio-economic backgrounds. The results showed that parents' involvement in guiding students, implementing time discipline, limiting the use of gadgets, and providing moral support and learning facilities play an important role in the success of students' academic and non-academic achievements. The challenges faced, such as time constraints and busy work schedules, both interviewee still try to support students' education through monitoring technology, open communication, and providing learning motivation. This research confirms that socio-economic status in various conditions is not the main factor that determines learner achievement, but rather the support and active involvement of parents.

References

Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 21–22.

Agustin, R., Wulan, S., & Hasanah, N. (2020). Hubungan keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 2, 292.

Asi, Y. E., Elvira, E., Waruwu, N., Hartani, D., & Henita, M. (2022). Tingkat kesulitan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran drama. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 57–64.

Bere, G. B. (2023, Mei). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar akuntansi melalui model discovery learning pada siswa kelas XI AK.1 SMK St. Willibrordus Betun tahun pelajaran 2022/2023. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 2, No. 1, hlm. 227–235).

Christy, N. A. (2020). Revitalisasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia selama masa pandemi COVID-19. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 1–15.

Fahik, M. (2023, Mei). Penerapan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat tahun pelajaran 2022/2023. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 2, No. 1, hlm. 215–226).

Farida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas V sekolah dasar di Desa Sukolilo Pati terhadap pengerjaan soal berbasis pembuktian. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 124–131.

Gresheilla, R. S., Femmy, F., Simpun, S., & Diplan, D. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas IV-A SDN 6 Menteng tahun pelajaran 2022/2023. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 137–149.

Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan kemandirian belajar: Merdeka belajar sebagai kunci sukses mahasiswa jarak jauh. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS.

Janah, R., Nurfadilah, K., & Qomariyah, S. (2023). Peran motivasi belajar berpartisipasi dalam peningkatan prestasi peserta didik di SMK Azzainiyyah. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 87–99.

Koesdarwati, I., et al. (2023). Pengaruh dukungan orang tua terhadap minat belajar peserta didik SDN Mojoroto 4 Kota Kediri tahun ajaran 2020/2021 (Tesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri). Institutional Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Krisman, K., Hasanuddin, H., & Lubis, S. (2023). Hubungan gaya belajar dan dukungan orangtua dengan minat belajar pada remaja di Gereja HKBP Distrik XXXI Medan Utara. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(4), 2802–2808.

Putra, A. S. (2018). Validitas lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.302

Putra, R. (2023). Pola pengasuhan orangtua dan peran guru dalam pendidikan awal anak. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Riana. (2011). Kedudukan keluarga sangat strategis dalam mendidik anak-anaknya. Pustaka Setia.

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 284–287.

Sitepu, V. A. B. (2022). Pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar sekolah terhadap minat belajar peserta didik jurusan IPS SMA Al Washliyah 1 Medan (Disertasi, Universitas Negeri Medan).

Sudjana, N. (2006). Proses belajar mengajar. Penerbit Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Indah Rahmawati, Misnawati Misnawati, Olga Dona Retsi, Patrisia Cuesdeyeni, Albertus Purwaka, Ita Sasmita, … Yuliati Eka Asi. (2025). Peran Orang Tua dalam Mendorong Prestasi Peserta Didik di Segala Kondisi di SMPN 8 Palangka Raya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 3(2), 372–382. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v3i2.1410

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.