Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Big Brother Karya Kam Ka-Wai

Authors

  • Melinda Melinda Universitas Palangka Raya
  • Patrisia Cuesdeyeni Universitas Palangka Raya
  • Alifiah Nurachmana Universitas Palangka Raya
  • Albertus Purwaka Universitas Palangka Raya
  • Misnawati Misnawati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.143

Keywords:

value, character education, and film

Abstract

The purpose of this study was to describe the character education values of responsibility, curiosity, hard work, respect for achievement, social care, and friendship/communicativeness in Kam Ka-Wai's Big Brother film.

This study uses a descriptive qualitative approach, in which the researcher records carefully and accurately the data in the form of words, sentences, pictures, and videos contained in the film. The use of a descriptive qualitative approach in this study aims to describe the values of character education, namely responsibility, curiosity, hard work, respect for achievement, social care and communicative/friendly in the Big Brother film.

The value of responsibility character education in the film Big Brother consists of 4 data. The educational value of the character of curiosity in the Big Brother film consists of 5 data. The value of hard work character education in the film Big Brother consists of 7 data. The value of character education appreciating achievement in the Big Brother film consists of 4 data. The value of social care character education in the film Big Brother consists of 12 data. The value of friendly/communicative character education consists of 4 data.

References

Albertus, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta. PT Grasindo.

Arikonto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmawati, E. Y. S. 2015. Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inqury untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1–16.

Baroroh, K. 2011. Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 149–163.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewantara, Ki Hajar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Ellawati, E., Darihastining, S., & Sulistyowati, H. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata: Nilai Religius dan Nilai Kerja Keras. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 193-200.

Elfindri, H. L., dkk. 2012. Pendidikan Karakter: Karakter, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghoni, Muhammad Djunaidi. 1982. Nilai Pendidikan. Surabaya Usaha Nasional.

Haryanto. 2011. Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta: Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia DIY, LPM Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasan, I. 2009. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 7-17.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur-Balitbang.

Lull, Jame. 1997. Media Komunikasi, kebudayaan: suatu pendekatan global. Diterjemahkan oleh Setiawan Abadi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: al-Ma’arif.

Moeleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nadiroh, S., Rini, I. P., Pratiwi, D. E., & Istianah, I. (2022, May). Tindak Tutur Ilokusi pada Film Tak Kemal Maka Tak Sayang Karya Fajar Bustomi. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 192-208).

Nugroho, Tofiq. 2010. Implementasi Nilai-nilai Dasar Pendidikan Karakter bangsa dalam Pembelajaran Matematika di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Kelas XII Tahun Pelajaran 2010/2011. Surakarta: Tanpa Penerbit.

Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

Pasani, dkk. 2016. Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together. Jurnal. Vol 4, No 2 2016.

Rochmawati, Warda Putri. 2016. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film The Miracle Worker. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Samani & Hariyanto. 2017. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, A. R., Usop, L. S., Lonarto, L., Peronika, N. W., & Fauzi, R. (2022, May). Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Aku Mencintainya Mama Karya Fredy S. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 46-59).

Sari, C. G. N. K., & Arifin, Z. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Novel Kala Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad: Pendekatan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 94-107.

Sari, E., Misnawati, M., Linarto, L., Poerwadi, P., & Ramadhan, I. Y. (2023, April). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 83-107).

Sati, P. L., Poerwadi, P., Asi, Y. E., Nurachmana, A., & Lestariningtyas, S. R. (2023, April). Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Film Layangan Putus Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 108-125).

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Tanjung, Y., Ginting, D. A., Barus, E. S., & Lubis, F. (2023). ANALISIS DEIKSIS PADA FILM “LOSMEN BU BROTO”. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 173-182.

Tim Penyusun Kamus Pusat dan Pengembangann Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yaumi. 2014. In Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zuldafrial. 2012. Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Melinda Melinda, Patrisia Cuesdeyeni, Alifiah Nurachmana, Albertus Purwaka, & Misnawati Misnawati. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Big Brother Karya Kam Ka-Wai. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 201–219. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.143

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.