Optimasi Upaya Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Branding UMKM Iborajut

Authors

  • Uci Silvia Rahmah UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Endang Iryanti UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.270

Keywords:

Branding, UMKM, Pendampingan, Perekonomian Indonesia

Abstract

UMKM memiliki peranan penting dalam ekonomi Indonesia. Sektor ini berkontribusi sekitar 60,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap hingga 96,9 persen tenaga kerja. Namun, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan terhadap sektor UMKM. Pembatasan sosial yang diimplementasikan untuk mengatasi pandemi telah menciptakan tantangan dalam kegiatan pemasaran dan promosi UMKM. Dalam situasi ini, pelaku UMKM perlu meningkatkan inovasi dan mengadopsi strategi yang dinamis untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk membantu UMKM Iborajut dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan produk melalui strategi branding. Penulis akan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM Iborajut untuk membantu memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan citra produk melalui branding. Harapannya adalah pendekatan ini akan meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM Iborajut serta memberikan kontribusi ekonomi yang lebih baik bagi pelaku UMKM tersebut.

References

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. Luas Wilayah Kota Surabaya Menurut Kelurahan 2016. Surabaya: Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, 2021.

Hastiningsih, Wahyu Tri, A Anditha Sari, Junaedi, dan Ichwan Prastowo. “PENDAMPINGAN RE-BRANDING UMKM GITAR SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN.” Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021.

Indonesia.go.id. Indonesia.go.id. 6 Desember 2022. https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/6721/porsi-kredit-diperbesar-sektor-umkm-segera-naik-kelas?lang=1#:~:text=Data%20Kementerian%20Koordinator%20Bidang%20Perekonomian,total%20penyerapan%20tenaga%20kerja%20nasional. (diakses Juni 24, 2023).

Kelurahan Kalirungkut. Data Kependudukan Berdasarkan Jenis Kelamin. Surabaya: Kelurahan Kalirungkut, 2022.

Kelurahan Kalirungkut. Laporan Pelaku UMKM 2022. Surabaya: Kelurahan Kalirungkut, 2023.

Muntazori, Ahmad Faiz, Ariefika Listya, dan Muhammad Iqbal Qeis. “Branding Produk UMKM Pempek Gersang.” Jurnal Desain, 2019.

Rezky, Syarifah Fadillah, Rita Hamdani, Devri Suherdi, Kamil Erwansyah, Erika Fahmi Ginting, dan Pandi Barita Nauli Simangunsong. “Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Iptek, 2021.

Setiawati, S. D. “Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.” Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2019: 125-136.

Teece, D. J. “Business models and dynamic capabilities.” Long Range Planning, 2018.

Wilfarda, Anggraeni Charismanur, dan Wulan Puspita Ningtiyas. “Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi.” Journal of Government and Politics, 2021: 47-65.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Uci Silvia Rahmah, & Endang Iryanti. (2023). Optimasi Upaya Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Branding UMKM Iborajut. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.270

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.