Pelatihan Belajar Pengantar Akuntansi Sebagai Upaya Meningkatkan Soft Skill Bagi Kelompok Remaja OAP (Orang Asli Papua)

Authors

  • Mutiya Oktariani Universitas Musamus, Merauke
  • Damayanti Damayanti Universitas Musamus, Merauke
  • Najdah Thalib Universitas Musamus, Merauke

DOI:

https://doi.org/10.59024/faedah.v1i1.44

Keywords:

pengantar akuntansi, soft skill, orang asli papua

Abstract

Kegiatan ini dimotivasi oleh keadaan remaja OAP (Orang Asli Papua) yang kurang mahir menggunakan perhitungan akuntansi terutama untuk menghitung keuangan pribadinya. Metode yang digunakan adalah pelatihan belajar akuntansi kepada kelompok remaja OAP dengan tahapan yang dilakukan tim yakni, identifikasi, persiapan, pelaksanaan, evaluasi, publikasi. Lokasi pengabdian berada di dalam kota Merauke tepatnya meminjam salah satu kelas di Universitas Musamus. Pelaksanaan berlangsung dari tanggal 2 September 2022 sampai 3 Desember 2022. Tim pengabdian menjadi pelatih dan pendamping bagi kelompok masyarakat yang tergabung dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang. Materi pelatihan yang diberikan tentang konsep dasar akuntansi, persamaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan sederhana. Hasil yang diperoleh, bahwa terdapat 73% anggota mampu membuat laporan keuangan sederhana dari penggunaan uang bulanannya dan 77% anggota mampu membuat persamaan akuntansi dari transaksi hariannya, sisanya 50% dari anggota baru mampu memahami konsep dasar akuntansi.

References

Ardhianto, W. N., & SHI, M. (2019). Buku sakti pengantar akuntansi. Anak Hebat Indonesia.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indoensia.

Mustika, I. (2022). Pelatihan Komputer Akuntansi Bagi Mahasiswa Akuntansi Universitas Ibnu Sina. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(1), 8-11.

Neff, T. J., Citrin, J. M., & Brown, P. B. (1999). Lessons from the top: The search for America's best business leaders. Broadway Business.

Rohim, M. F. & Sari, A. F. (2019). Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting. Jurnal Elemen, Vol.5, No.1

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Mutiya Oktariani, Damayanti Damayanti, & Najdah Thalib. (2023). Pelatihan Belajar Pengantar Akuntansi Sebagai Upaya Meningkatkan Soft Skill Bagi Kelompok Remaja OAP (Orang Asli Papua). Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i1.44

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.