Pelatihan Matematika Dasar Bagi Usia Remaja Asli Papua Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung
DOI:
https://doi.org/10.59024/faedah.v1i1.42Keywords:
Kemampuan Dasar, Matematika Dasar, Kelompok Remaja PapuaAbstract
Penelitian ini dimotivasi karena masih rendahnya kemampuan matematika dasar usia remaja Asli Papua. Kemampuan matematika dasar meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian seharusnya sudah dikuasai sejak lulus dari tingkat sekolah dasar . Namun, faktanya banyak kelompok usia remaja asli papua yang belum menguasai. Hal ini menyebabkan kesulitan memahami materi berhitung tingkat lanjut. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika dasar kelompok usia remaja Asli Papua . Pengabdian ini dilakukan selama 3 bulan kepada 30 orang siswa dan mahasiswa Asli Papua. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah dalam bentuk pelatihan yang dimulai dari tahap identifikasi, persiapan ,pelaksanaan, evaluasi, dan tahap pelaporan dan publikasi. Untuk mengukur peningkatan kemampuan peserta, diberikan pretest dan posttest. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan dari 35% meningkat menjadi 56% dan termasuk dalam kategori Baik . Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang dilakukan terjadi Peningkatan yang paling signifikan adalah pada materi pengurangan dan perkalian dengan kenaikan sebesar 33,34% sedangkan pembagian mengalami peningkatan sebesar 31% dan penjumlahan mengalami peningkatan kemampuan sebesar 30%.
References
Hailikari T, Nevgi A, Lindblom-Yla¨nne S. Exploring alternative ways of assessing prior knowledge, its components and their relation to student achievement: a mathematics-based case study. 2007. Stud Educ Eval.;33:320-37.
Indrawati,farah dan Hartati,Leny. 2017. Peran Penguasaan Dasar Matematika Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Formatif 7(2): 107-114, 2017 ISSN: 2088-351X.
Jonassen, D. H., & Grabowski, B. L. 1993. Handbook of individual differences, learning and instruction. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates,.
Moos, D. C., & Azevedo, R. 2008. Self-regulated learning with hypermedia: The role of prior domain knowledge. Contemporary Educational Psychology, 33(2), 270–298
Murizal, A. 2012. Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10-23.
Rohim, M. F. & Sari, A. F. (2019). Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting. Jurnal Elemen, Vol.5, No.1