Peluang Usaha Desa Dengan Memanfaatkan Potensi Desa

Authors

  • Endro Pramono ITB Semarang
  • Susilo Adi ITB Semarang
  • Dwi Astutik ITB Semarang
  • Hani Krisnawati ITB Semarang
  • Matinus Apun Heses ITB Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59024/faedah.v1i1.40

Keywords:

peluang usaha, pemasaran.

Abstract

Mata pencaharian penduduk sebagian besar petani, buruh dan pedagang. Pertanian yang dilakukan oleh masyarakat diantaranya menghasilkan padi, ketela pohon, pisang, jagung dan buah-buahan. Dilihat dari ini maka masyarakat mempunyai potensi yang sangat besar, namun belum digali secara optimal, Sehubungan dengan ini, maka menjadi menarik untuk melakukan kegiatan pengabdian dengan tujuan untuk menggali peluang usaha dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Pelaksanaan dilakukan dengan cara ceramah dan diskusi kepada para peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini : masyarakat yang sudah mempunyai usaha mempunyai kesulitan untuk melakukan pengembangan dan diversifikasi, serta pemasaran. Diketahui pula masyarakat terutama yang telah melakukan usaha membutuhkan pendampingan untuk pembuatan logo, dan merk produk.

References

Cahyono, Didik, Naheria, and Muhammad Sukron Fauzi. "Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software JASP dan SPSS bagi Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman Kalimantan Timur." Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 1, no. 2 (2021): 421–426.

Daryati, Riyan Arthur, Tommy Eka Miharja, Nasaruddin, and Nur Rochimah. "Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software Statistik Untuk Mahasiswa Di Jabotabek." Abdi Masyarakat 3, no. 1 (2021): 34-40.

Goss-Sampson, Mark A. Analisis Statistik Menggunakan JASP: Buku Panduan Untuk Mahasiswa. Translated by Sunu Bagaskara, Sari Z. Akmal, Arif Triman, Novika Grasiaswaty, & Entin Nurhayati. Greenwich: Centre for Science and Medicine in Sport & Exercise, 2019.

Rofik, Mohammad, and Isyanto. "Pelatihan Program Eviews Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Wiraraja." Abdi Kami 3, no. 2 (2020): 168-175.

Usman, Umaruddin, and Tarmizi Abbas. "Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi Eviews Pada Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan." Jurnal Pengabdian Kreativitas 1, no. 2 (2022): 24-28.

Wahyu, Winarno Wing. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews. 3rd. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Endro Pramono, Susilo Adi, Dwi Astutik, Hani Krisnawati, & Matinus Apun Heses. (2023). Peluang Usaha Desa Dengan Memanfaatkan Potensi Desa. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i1.40

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.