Penguatan Merek dan Visualisasi Produk Berbasis Digital Pada UMKM “Doyan Jajan” Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.269Keywords:
Branding, Visualisasi Produk, Digital MarketingAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, pemanfaatan media digital seperti sosial media dan e-commerce saat ini dimanfaatkan sebagai sarana branding bagi para pelaku usaha. Dalam menarik perhatian masyarakat untuk meningkatkan minat pembelian terhadap suatu produk, maka visualisasi produk diperlukan sebagai pemancing daya tarik konsumen. Penguatan merek dengan visualisasi produk dapat meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap sebuah produk. Objek dalam kegiatan ini adalah UMKM Doyan Jajan yang bergerak di bidang food and beverages berlokasi di Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu wawancara dan observasi, pembinaan, dan implementasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar, meningkatkan penjualan dan penciptaan nama merek di benak masyarakat. Dalam menghadapi persaingan bisnis yang kompetitif, pelaku usaha harus melakukan penguatan merek melalui pemanfaatan digital marketing dan visualisasi produk sehingga dapat bersaing dengan usaha serupa. Dengan adanya kegiatan ini, UMKM Doyan Jajan mendapatkan pengetahuan baru mengenai branding produk dan digital marketing.
References
Firmansyah, M. Anang. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media, 2019.
Hidayat, F. 2021. https://www.beritasatu.com/ekonomi/806313/branding-jadi-kendala-utama-pelaku-umm (accessed Juli 9, 2023).
Irawan D., & Affan, M. W. "Pendampingan Branding dan Packaging UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiyah di Kota Malang." Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, Desember 2020: 32-36.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Republik Indonesia. Mei 5, 2021. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia (accessed Juli 8, 2023).
Khairunnisa, S., Hafiar, H., & Bakti, I. "Corporate Rebranding Framework Oleh CGV Cinemas." Edutech, 2018.
Muhammad, dkk. "Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Produk Green Bean Kopi." Jurnal Graha Pengabdian Vol.3 No.4 (2021): 369-376.
Nazhif & Nugraha. " Branding UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection." Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Vol. 7 No. 1 (2023).
Oktaviani, dkk. "Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi." Jurnal Abdimas BSI Vol. 1 No. 2 (2018): 348-354.
Putra, dkk. "Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Covid 2019." Jurnal Cyberpr 1 (2021): 11-21.
Putri, dkk. "Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Pengembangan Merek UMKM Berbasis Digital di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar." Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia 2 (2023): 17-27.
Rezky, dkk. "Branding UMKM Untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri." Jurnal Abdimas TGD 1 (2021): 39-44.
Saifulloh, Muhammad. "Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan." Jurnal Pustaka Dianmas Vol. 1 No.1 (2021): 28-33.
Wijaya, dkk. "Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Digital Marketing Pada UMKM Bakso dan Es Campur "Family" In Blitar City." Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia 2 (2023): 01-08.
Yolanda, dkk. "Pemuda (Pengembangan Mitra UMKM Daerah Lunang Dua) Strategi Penguatan Branding Produk." Jurnal Ecogen, 2019: 141.