Penggunaan Media Sosial Sebagai Wadah Promosi UMKM di Desa Bojongkulur

Authors

  • Muriyah Muriyah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Amelia Nur karomah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Anindya Rifqah Purwanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Siti Halimatusya’diah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Novi Indriyani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Ghista Viona Banowati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Febrianti Febrianti Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59024/faedah.v3i1.1236

Keywords:

MSMEs, digital marketing, GoFood, Bojongkulur Village

Abstract

This community service program aims to enhance digital literacy and online marketing skills for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Bojongkulur Village. The activity focuses on utilizing digital platforms such as GoFood and GrabFood as tools to expand the marketing reach of MSME products. The methods employed include counseling, training, and direct mentoring. The program results indicated an increased understanding of digital platforms among MSMEs and a rise in the number of MSMEs registered as partners. Challenges encountered include the initial lack of digital literacy among some MSMEs and limitations in supporting devices.

References

Darsiti, D., Ramdan, I. S., Syafitri, N., Lestari, W. A., Suryaman, W. J., & Alamsyah, S. K. (2024). Analisis kelayakan bisnis untuk pengembangan pemasaran kacang sangrai Ewooww yang luas. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 113–125.

Endang, I. (2023). Penerapan pemasaran digital melalui toko online pada UMKM di Kelurahan Tanjungsari. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 106–117.

GoFood Indonesia. (2023). Langkah mudah mendaftar mitra GoFood.

Grab Indonesia. (2023). Panduan mitra GrabFood.

Hanif, A., & Iryanti, E. (2023). Penguatan merek dan visualisasi produk berbasis digital pada UMKM “Doyan Jajan” Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 84–97.

Ilmi, S. N., Hadi, A. H. N. S., Muzakki, F. D. P., Khabibah, M., Fajari, M. S., Sugiharto, V. D. D., & Arum, D. P. (2023). Meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap digitalisasi marketing di Kelurahan Tanggung Kota Blitar. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 76–83.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2022). Strategi digitalisasi UMKM.

Misnawati, M., Aziz, A., Anwarsani, A., Rahmawati, S., Poerwadi, P., Christy, N. A., & Veniaty, S. (2022). Pemberdayaan kewirausahaan untuk anak tunarungu dengan pembuatan selai nanas. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(10), 2823–2842.

Misnawati, M., Christy, N. A., Isman, I., Anwarsani, A., Nopy, Y., & Salwa, N. (2024). Strategi sukses untuk bisnis pengetikan dan fotokopi di era digital. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 302–314.

Misnawati, M., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Usop, L. S., Devi, K., Melinda, M., & Salwa, N. (2023). Pantun nasihat pada label kemasan sebagai upaya mengembangkan usaha donat dengan bahan dasar labu kuning untuk anak berkebutuhan khusus SLBN 1 Palangka Raya. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 58–75.

Pangestu, A. I. A., Zabaril, F. M., Laksono, D. A., Safitri, D. N., Amalia, J., Mustika, A. M., & Najmudin, N. (2023). Implementasi pemanfaatan media sosial dalam pengembangan Desa Wisata Menari Tambaknegara. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 09–18.

Putri, L. A., & Rahmi, U. (2024). Pemanfaatan media digital untuk meningkatkan minat belajar PAI pada generasi milenial. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 27–31.

Qisthiano, M. R., & Pramana, D. (2023). Menggapai keunggulan promosi di era digital: Kolaborasi Canva untuk peningkatan ekonomi lokal. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 243–249.

Rahayu, E., Yuliamir, H., & Wenefrida, A. A. (2023). Pelatihan SDM dalam peningkatan perekonomian Dusun Ngaduman. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 30–33.

Samtono, S., Supriyadi, A., Rahayu, E., & Palupiningyas, D. (2023). Identifikasi dan strategi pemberdayaan SDM Dusun Ngaduman. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 01–05.

Sanin, S. B. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan digital marketing dalam media sosial TikTok PT Otak Kanan untuk membangun brand awareness. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 74–83.

Sevina, F. B., & Pabulo, A. M. A. (2023). Upaya digitalisasi marketing dalam meningkatkan penjualan UMKM di Kecamatan Juwana. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 251–257.

Sofyan, M., Marlinda, C., & Satriadi, S. (2023). Training of trainer pengolahan dan analisis data dengan aplikasi Eviews dan JASP. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 17–24.

Solihiyah, E. D. Z., & Tondang, I. S. (2023). Penerapan digital branding melalui pendekatan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan bagi pelaku UMKM Kelurahan Medokan Semampir. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 156–163.

Sudipa, I. G. I., Widiartha, K. K., Wiguna, I. K. A. G., Wijaya, B. K., Gustiadi, G., & Fauzi, A. S. (2023). Pelatihan sistem informasi pengelolaan layanan dan manajemen pelanggan untuk optimalisasi layanan pada era digital. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 216–223.

Wiyandari, R. E. P., & Sukiswo, H. W. (2023). Penerapan akuntansi keuangan digital bagi pelaku UMKM di Desa Kedungdalem Kabupaten Probolinggo. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 61–68.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Muriyah Muriyah, Amelia Nur karomah, Anindya Rifqah Purwanti, Siti Halimatusya’diah, Novi Indriyani, Ghista Viona Banowati, & Febrianti Febrianti. (2025). Penggunaan Media Sosial Sebagai Wadah Promosi UMKM di Desa Bojongkulur. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.59024/faedah.v3i1.1236

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.