Analisis Korelasi Kemampuan Literasi Sains Dengan Pemahaman Konsep Energi Listrik Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika
DOI:
https://doi.org/10.59024/ijellacush.v1i1.162Keywords:
korelasi, literasi sains, pemahaman konsepAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis korelasi literasi untuk memahami konsep energi listrik. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jember, lebih khusus pada bidang pengajaran dan pendidikan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fisika angkatan 2021 dan angkatan 2022. Analisis yang dilakukan dengan uji korelasi untuk mengecek ada tidaknya hubungan antara kedua variabel digunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan saat penelitian adalah teknik acak (Random pengambilan sampel kluster). ) menerima 40 siswa dari kelompok sasaran. Studi sampel dapat dilakukan ketika kondisi subjek homogen dalam populasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar fisika energi listrik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mengembangkan berpikir kritis penting ketika berusaha meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika, khususnya materi energi listrik itu sendiri.
References
Ariska, M. (2015). Studi pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah di kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147-154.
https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616
Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 90–92.
https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5662
Chusni, M. M., & Hasanah, A. (2018). Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Laboratorium dan Literasi Sainfik Terhadap Kesiapan Calon Guru Fisika. 6(3), 325–335. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5222
Ii, B. A. B. (n.d.). Politeknik Negeri Sriwijaya. 5–31.
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA terintegrasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958-1967.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1136
Mahasiswa, L. S. (n.d.). HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA Seprianto. 3(1).
https://doi.org/10.33059/katalis.v3i1.2404
Mardiyanti, E., Yuhana, Y., & Muttaqin, A. (2022). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS KAITANNYA DENGAN PEMAHAMAN BACA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET SISWA TINGKAT SMP KOTA SERANG. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(2), 214-227.
http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.15889
Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, S., & Marwoto, P. (2021). Meta-analisis literasi sains siswa di Indonesia. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(3), 209-215.
https://doi.org/10.15294/upej.v10i3.55667
Nurwulandari, N. N. (2018). N Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(2), 205-213.
https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.51
Sains, M. L., Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, S., & Marwoto, P. (2021). Unnes Physics Education Journal. 10(3).
Seprianto, S. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Dasar Kimia dengan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia, 3(1), 17–23.
https://doi.org/10.33059/katalis.v3i1.2404
Sukowati, D., & Rusilowati, A. (2017). Physics Communication. 1(1), 16–22.
Sutrisna, N. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA DI KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(12).