Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Metode Biblio-Counseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 1 Weleri

Authors

  • Sonny Tri Wibowo Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Mujiyono Mujiyono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.56

Keywords:

bimbingan kelompok metode biblio-counseling, perencanaan karir

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: 1) siswa belum mandiri dalam merencanakan karirnya, 2) siswa masih ragu terhadap karir yang dipilihnya, 3) siswa belum mengetahui syarat masuk ke perguruan tinggi, 4) siswa tidak dapat menentukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, sehingga  masih banyak yang ingin berlatih untuk menyalurkan bakat yang mengarah ke karir yang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan  kelompok metode biblio-counseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Weleri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Weleri berjumlah 108 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 36 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode biblio-counseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Weleri dengan pengaruh sebesar 64%. Hasil perencanaan karir siswa kelompok eksperimen, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 86% dalam kategori sangat baik. Hasil perencanaan karir siswa kelompok kontrol, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84% dalam kategori sangat baik. Hal ini berarti bahwa siswa memiliki pengetahuan dan pemahaman diri mengenai program studi dan dunia kerja dengan sangat baik. Siswa memiliki kepribadian dan nilai-nilai yang berkaitan dengan karir dengan sangat baik. Siswa mempunyai motivasi untuk mencari informasi tentang karir dengan sangat baik. Siswa mampu memilih pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan dengan sangat baik. Siswa mampu memilih perguruan tinggi setelah sekolah dengan sangat baik. Siswa memiliki penalaran yang realistis akan hubungan pengetahuan dan pemahaman diri sendiri dengan pengetahuan dan pemahaman dunia kerja dengan sangat baik.

References

Hadi, Sutrisno. 2015. Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariyadi, S., DYP. Sugiharto, & A. Sutoyo. 2014. Bimbingan Kelompok Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3(2): 98-103.

Jiwaseraya, Syahron, dan Rizal. 2012. Kontribusi Pemahaman Informasi Tentang Dunia Kerja dan Konsep Diri Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMK N 1 Batam. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejurusan 1 (1). (Online).

Pehrsson, Dale Elizabeth and McMillen, Paula. 2006. Competent Bibliocousneling: Preparing Counselors to Use Literature with Culturally Diverse Clients. ACA: Vistas Online.

Romlah, Tatiek. 2012. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianisa, Siti Fitriana, G. Rohastono Ajie. 2022. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas X IPA Di SMA N 2 Cepu. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 5 Tahun 2022. E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7662.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Sonny Tri Wibowo, Siti Fitriana, & Mujiyono Mujiyono. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Metode Biblio-Counseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 1 Weleri . Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 13–34. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.56

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.