Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMPN 4 Medan

Authors

  • Herlina Tondang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.54

Keywords:

teks eksplanasi, model discovery learning, media pembelajaran video

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media pembelajaran video terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 4 Medan dengan total siswa sebanyak 347, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 32 siswa, ditetapkan dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen. Instrumen pada penelitian ini terdiri observasi dan tes menulis teks eksplanasi yang dinilai berdasarkan struktur teks, kaidah kebahasan, dan mekanik pada teks eksplanasi. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum diterapkan pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan media pembelajaran video yaitu 63,54, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan model discovery learning berbantuan media pembelajaran video yaitu 76,30. Maka, dapat disimpulkan nilai tes setelah diterapkan model discovery learning berbantuan media pembelajaran video lebih tinggi dari sebelumnya. Hasil analisis data pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,77, kemudian melihat tabel t, taraf signifikansi 5%, dan df = N – 1 = 32 – 1 = 31, diperoleh ttabel = 1,69. Karena thitung diperoleh lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 5,77 > 1,69, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif H1 diterima.

References

Asnita dan Gani, Erizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1):23-31.

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Dermawan, D., dan Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Gunarto. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning. Jawa Barat: CV Adanu

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Surabaya.

Noor, M. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Yogyakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan.

Priyatni, Endah Tri. (2013). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiyaningsih, Ika. (2019). Mengenal Jenis-Jenis Teks. Klaten: Intan Pariwara PT.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli, Maman, S., Aji, S., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia SMA Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Herlina Tondang. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMPN 4 Medan. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 01–12. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.54

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.