Penerapan Pemasaran Digital Melalui Toko Online Pada UMKM di Kelurahan Tanjungsari.

Authors

  • Iryanti Endang Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Hana Nazara Putri N Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.271

Keywords:

Pemasaran Digital, Toko Online, UMKM

Abstract

Kewirausahaan digital merupakan metode kewirausahaan yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan platform berbasis internet. Dengan memanfaatkan teknologi digital, seluruh aspek kewirausahaan dapat berkembang menjadi lebih efisien terutama pada aspek pemasaran. Kemudahan akses informasi merupakan salah satu keunggulan dari pemanfaatan teknologi yang dapat menjadi salah satu faktor mengapa pemasaran digital lebih unggul dari pemasaran konvensional. Terutama pada era digital saat ini, pemasaran digital sangat diperlukan demi mempermudah menyebarkan edukasi terkait suatu usaha. Dengan memakai metode penelitian studi kepustakaan, dapat mempermudah penulis dalam memberikan hasil yang akurat berdasarkan literasi dari peneliti terdahulu. Jurnal ini dibuat dengan tujuan agar UMKM di kelurahan tanjungsari terutama UMKM terpilih mendapatkan manfaat dari keberadaan Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 41 dengan memberikan edukasi serta memfasilitasi UMKM  untuk mengembangkan pemasaran yang kurang efektif menjadi pemasaran digital yang dapat menjangkau konsumen secara luas dengan sifatnya yang tidak mengenal tempat dan waktu. Sehingga UMKM dapat mengembangkan usaha nya atau bahkan dapat bermanfaat untuk membantu mengekspansi UMKM kepada pasar yang lebih luas. Pelaku UMKM menerima dengan baik program pembuatan E-Commerce yang kami lakukan dan memanfaatkannya untuk mengembangkan pemasarannya untuk jangka waktu yang panjang

References

Arfan, N., & Hasan, H. A. “Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah” Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 2022.

Badan Pusat Statistik “Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2020” Jakarta : Badan Pusat Statistik, 2020.

Cay, S. “Strategi Pemasarn E-Commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan.” Jurnal Mandiri, 2020.

Dimas, P., & Sukim. “Determinan Daya Beli Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19”. Seminar Nasional Official Statistics, 2021.

Halim, A. “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 2020.

Murdinar, H. E. “Pengembangan UMKM DigitaL DI Kota Blitar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi., 2022

Nanda, A. Y. “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju.” Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2018.

Pradana, M. “Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce di Indonesia.” Neo-Bis, 2015

Sartono, S. “Kewirausahaan Digital”. Jurnal Benefit, 2021.

Sarwindah, S. “Pemanfaatan Digital Marketing Sistem E-commerce sebagai Media Promosi.” Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 2021.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Iryanti Endang, & Hana Nazara Putri N. (2023). Penerapan Pemasaran Digital Melalui Toko Online Pada UMKM di Kelurahan Tanjungsari . Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 106–117. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.271

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.