Branding Produk Pertanian Komoditas Kopi di Desa Puspo, Kec Puspo, Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.263Keywords:
Branding, Produk Pertanian, KopiAbstract
Kegiatan penyuluhan untuk mengetahui pengaruh strategi branding produk kopi terhadap peningkatan pendapatan dan loyalitas konsumen dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Puspo, Pasuruan bertujuan untuk membentu Kelompok Tani Hutan Rukun Maju Sejahtera dalam mengetasi permasalahan kurangnya branding produk kopi robusta dan arabika. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan strategi branding sangat layak diterapkan terhadap produk-produk pertanian Strategi yang dapat diterapkan untuk membranding produk kopi robusta dan arabika yaitu producer branding, no branding, geographical branding, dan retail branding.
References
Docherty, C. (2012). Branding Agricultural Commodities: The Development Case For Adding Value Through Branding. Topic Brief For New Business Models For Sustainable Trading Relationships Project.
Haimid, T., Rizky, D., & Dardak, R. A. (2012). Branding As A Strategy For Marketing Agriculture And Agro-Based Industry Products. Economic And Technology Management Review, 7, 37–48.
Lavikka, T. (2008). Evaluating Differences In Desired Brand Image In Two Markets–Case: Valio Lactose Free Products In Finland And Sweden.
Pay, C. J., White, M. R., & Zwart, A. C. (1996). The Role And Importance Of Branding In Agricultural Marketing.
Rofii, E. A., Mikasari, D. A., & Rais, S. (2022). Strategi Branding Kopi Sekanak “Kopi Para Raja “. Jurnal Menata, 1(1), 17–22.