Dinamika Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa: Analisis Prinsip, Perbedaan Usia, dan Faktor Pendukung

Authors

  • Shofiatul Widad Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Dela Maulindah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Achmad Naufal Fajrur Ramdhani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i3.1481

Keywords:

Pemerolehan Bahasa, Pembelajaran Bahasa, Prinsip Pembelajaran, Usia Belajar, Faktor Pendukung

Abstract

Abstract. Language acquisition and learning are two fundamental processes in the development of individual language skills, where language acquisition occurs naturally from an early age through interaction with the environment, while language learning takes place in a structured manner through formal teaching methods. This article aims to analyze the principles of language learning, age differences in language learning, and supporting factors that influence the effectiveness of language acquisition. This study uses a descriptive qualitative method with a literature study approach, and data is obtained from academic journals, research articles, and relevant literature. The results of the study indicate that children are superior in language learning compared to adults, especially in terms of speed and flexibility in absorbing new languages. By understanding the dynamics of language acquisition and learning, teaching methods can be adjusted to increase the effectiveness of language acquisition.

Abstrak. Pemerolehan dan pembelajaran bahasa merupakan dua proses fundamental dalam perkembangan kemampuan berbahasa individu, di mana pemerolehan bahasa terjadi secara alami sejak usia dini melalui interaksi dengan lingkungan, sedangkan pembelajaran bahasa berlangsung secara terstruktur melalui metode pengajaran formal. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis prinsip-prinsip pembelajaran bahasa, perbedaan usia dalam pembelajaran bahasa, serta faktor pendukung yang mempengaruhi efektivitas penguasaan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research), dan data diperoleh dari jurnal akademik, artikel penelitian, dan literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa anak-anak lebih unggul dalam pembelajaran bahasa dibandingkan orang dewasa, terutama dalam aspek kecepatan dan fleksibilitas dalam menyerap bahasa baru. Dengan memahami dinamika pemerolehan dan pembelajaran bahasa, metode pengajaran dapat disesuaikan untuk meningkatkan efektivitas penguasaan bahasa.

References

Alwi, S. (2021). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Saree, 3(1), 2746–4466. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/sareehttps://doi.org/10.47766/saree.v3i2.539

Azhar, M., Wahyudi, H., Promadi, P., & Masrun, M. (2023). Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3160–3168.

Balqis, I. L., Noviyanti, S., & Cindy, C. (2024). Hakikat Pemerolehan Bahasa dan Faktor-faktor Pendukung Pemerolehan Bahasa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2247–2253.

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Daulay, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penguasaan Bahasa Kedua Bagi Penutur Asing Mahasiswa Asal Thailand Di Umsu. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Helty, H., Rahmadani, A., & Syayidi, M. (2024). Pengembangan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Arab. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 345–347.

Khoirunnisa, I., Diniyah, T., & Noviyanti, S. (2023). Hakikat Pemerolehan Bahasa Dan Faktor Pendukung Pemerolehan Bahasa Anak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 4353–4363.

Lennon, P. (2020). Language Teaching Methods. The Foundations of Teaching English as a Foreign Language, 31–58. https://doi.org/10.4324/9780429285998-2

Marat, S. (2001). Perkembangan Bahasa Seorang Anak: Suatu Tinjauan Psikolinguistik. Bunga Rampai Psikologi Perkembangan Pribadi Dari Bayi Sampai Lanjut Usia,(Jakarta.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual (Animasi) Pada Paud. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133–140.

Muhammad Peri Syaprizal. (2021). Proses Pemeroleh Bahasa Pada Anak. Jurnal Al Hikmah, 10(4), 75–86.

Mulyadi, M. (2023). Implikasi Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA, 13(2), 29–33.

Muslich, M. (2013). Pemerolehan Bahasa Pertama. Tarbiyatuna, 4(1), 236–247. http://repository.ut.ac.id/4734/1/PBIN4103-M1.pdf

Mustadi, A., Habibi, M., & Iskandar, P. A. (2021). Filosofi, teori, dan konsep bahasa dan sastra Indonesia sekolah dasar. Uny Press.

Natsir, N. (2017). Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Jurnal Retorika, 10(1), 20–29.

Oktaviani, I., Sekarningrum, R., Syahrisyarifah, M., & Bakar, M. Y. A. (2024). Dinamika Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Arab. Journal Sains Student Research, 2(6), 526–538.

Oktaviani, R. E. (2021). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia Sd/Mi. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–9.

Rindiani, E. Y., & Putrianti, L. (2024). Teknologi Sebagai Sahabat Belajar: Menggali Potensi Dan Mengatasi Tantangan Dalam Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 399–406.

Rosyidi, A. W. (2014). Peningkatan Kualitas Pengajar Bahasa Arab Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(3), 195–210.

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami konsep dasar pembelajaran bahasa Arab. UIN-Maliki Press.

Siregar, U. A., Silvi, N., Hasibuan, W., & Rambe, N. F. (2023). Bahasa sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Hata Poda, 2(2), 95–104.

Syamli, A. (2024). Peran Teknologi dalam Pengembangan Bahasa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 86–106.

Syauqi, M. (2020). Paradigma Relevan Dalam Pembelajaran Bahasa. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–46.

Wekke, I. S., & Faishol, F. (2017). Aplikasi Dan Prinsip Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Perguruan Tinggi Minoritas Muslim. 374–384. https://doi.org/10.31227/osf.io/ph78g

Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/826

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Widad, S., Maulindah, D., Ramdhani, A. N. F., & M. Yunus Abu Bakar. (2025). Dinamika Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa: Analisis Prinsip, Perbedaan Usia, dan Faktor Pendukung. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 3(3), 165–186. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i3.1481

Issue

Section

Articles