Peran Pendidikan Karakter Siswa SD Dalam Menghadapi Teknologi Abad 21

Authors

  • Aulia Nur Jannah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Putri Salma N Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.661

Keywords:

Character Building, Technology, 21st Century Educatuion

Abstract

The progress of technological developments cannot be avoided so the role of character education is very necessary in welcoming education in the 21st century. Moreover, in 21st century education, especially for elementary school students, most schools have introduced technology. This article aims to find out and analyze more deeply the role of character education for elementary school students in facing 21st century educational technology.  This research study uses qualitative data collection techniques or a descriptive approach. Where the theory and basis for discussion are obtained from the results of literature studies from several sources such as books, journals and articles. Instilling character education from school age, especially at elementary school level, is important so that it can form the character of students who are responsible, caring, have integrity and think critically in acting using technology in education.

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Bintang, 2(1), 35-48.

Daryanto, (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama . Jakarta: Kemendiknas.

Deliyati, A., Gustina, R., Winata, A., Rejeki, S., Saddam, S., & Bidaya, Z. (2023, August).

Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 478-486).

Jumarni, J. Peran Penting Pendidikan Karakter Dalam Terwujudnya Tujuan Pendidikan Abad 21. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 5, pp. 1312-1316).

Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan kearifan etnik dalam mengembangkan karakter. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).

Herlambang, Y. T. (2021). Urgensi Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7-15.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Litbang Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad-21. Diakses dari: http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/indexberitakurikulum/243- kurikulum-2013-pergeseranparadigmabelajar-abad-21

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Matanari, C., Gaol, R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 294-300.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125.

Nasution, T. (2017). Konsep dasar pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter siswa. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2).

Nurmadiah, N. (2018). Konsep Pendidikan Karakter. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 6(2), 33-66.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015. Jakarta: Permendikbud.

Purwanto, N. A. (2020). Peranan kepala sekolah dan guru dalam pendidikan karakter bangsa di smk dalam mewujudkan jati diri bangsa. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 16(1).

Putri, P., Harianti, P., Andriani, R., & Marini, A. (2022). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 395-402.

Rotherdam dan Willingham. (2009). 21st Century Skill: The Challenges Ahead. Education Technologyal Leadership. volume 67 number 1, 16-21

Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. In Prosiding seminar bimbingan dan konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 115-124).

Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi sekolah dasar abad 21 new digital literacy untuk membangun karakter siswa di era global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1).

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2).

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Aulia Nur Jannah, & Putri Salma N. (2023). Peran Pendidikan Karakter Siswa SD Dalam Menghadapi Teknologi Abad 21. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(1), 128–136. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.661