Kualitas Kompetensi Guru BK sebagai Konselor di Sekolah

Authors

  • Apri Sara Banjarnahor Universitas Negeri Medan
  • Hanifa Raihan Fakhira Purba Universitas Negeri Medan
  • Rizka Andriyani Universitas Negeri Medan
  • Syakira Nazla Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Rizky Ananda Syafitri Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i4.1033

Keywords:

counseling guidance, BK teacher competence, BK code of ethics

Abstract

This study aims to analyze efforts or solutions in overcoming the problem of the quality of the competence of guidance and counseling teachers, where many guidance and counseling teachers are found who are not from the BK department. Data was collected through descriptive qualitative methods with interviews and observations at Dharmawangsa High School. The subject of this study is a BK teacher at Dharmawangsa High School. The results of the study showed that there were guidance and counseling teachers who did not come from the BK department, and resulted in less optimal and effective counseling that was running, due to a lack of mastery of the duties of guidance and counseling teachers.

References

DAHLAN, Z. (2017). PENINGKATAN KUALITAS KOMPETENSI GURU BK SEBAGAI KONSELOR DI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling , 12-27.

Embet, E. h. (2021). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 BENAKAT . JUANG: Jurnal Wahana Konseling , 46-57.

Hendriyani, Selvia., dkk. Evaluasi Kualitas Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Perkembangan Siswa di Sekolah. Jurnal Konseling Islam Profesional. 2023, 6(2). 162-171.

Muya Barida, A. M. (2019). Perbedaan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Konseling Individual Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Bekerja. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 22-29.

Nurhayani., Khairuddin., & Arista, L. S. 2034. Kompetensi Guru BK Dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Individu di MAN 1 Medan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1), 40-46.

Rahmi. (2024). _Layanan Bimbingan Konseling Guru Berlatar Belakang Non Bimbingan Konseling Di Yayasan Izzatul Ma'arif Tappina Kabupaten Polewali Mandar_. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Parepare, 2024) Diakses dari https://repositori.iainpare.ac.id/id/eprint/7351

Safitri, Dea., dkk. 2024. SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI CALON GURU BK. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(3), 390-400.

Sujadi, Eko. 2018. KODE ETIK PROFESI KONSELING SERTA PERMASALAHAN DALAM PENERAPANNYA. Jurnal Tarbawi : Jurnal Pendidikan. 14(2), 69-77.

Ulfa, M. Irman. 2023. Penerapan Kode Etik Konseling Guru BK Latar Belakang Non Pendidikan BK dalam Melaksanakan Layanan BK di Sekolah. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION. 4(3). 42-50

Zaini, Dahlan. 2018. PENINGKATAN KUALITAS KOMPETENSI GURU BK SEBAGAI KONSELOR DI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling. 7(1), 12-27.

Published

2024-10-10

How to Cite

Apri Sara Banjarnahor, Hanifa Raihan Fakhira Purba, Rizka Andriyani, Syakira Nazla Simbolon, & Rizky Ananda Syafitri. (2024). Kualitas Kompetensi Guru BK sebagai Konselor di Sekolah. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(4), 151–159. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i4.1033

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.