Peranan Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pembangunan Dusun Ngaduman

Authors

  • Krisnawati Setyaningrum N Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Parwisata Indonesia
  • Renny Aprilliyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Parwisata Indonesia
  • Dyah Palupiningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Parwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.77

Keywords:

The Role of Youth Organizations, Increasing Builders

Abstract

PKM activities were held in Ngaduman Hamlet, Kel. Title, Kec. Getasan, Semarang Regency. This activity involves several stakeholders. The implementation of HR Training activities in Improving the Economy in Ngaduman Hamlet is carried out in four stages, namely the socialization and preparation stage, the implementation stage, and the evaluation stage. In the first stage, internal coordination was carried out by the activity implementing team as well as external coordination involving activity partners. The implementation stage was a coordination process through FGDs in Ngaduman Hamlet which were present and several community communities and also the relevant government, Field Practice Stage through direct field observation, Last stage in the form of activity evaluation, namely technical evaluation and evaluation through direct discussions with several parties to reach conclusions

 

References

Arief, M.R, & Adi, A.S. 2014. Peran Karang Taruna dalam Pembinaan Remaja di Dusun Candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan

Arifianto, R. 2017. Peran Karang Taruna dalam Pemberdayaan Pemuda Melalui Pelatihan Karawitan Gamelan Jawa Dusun Plumbon Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Eromoko Wonogiri. Diklus J. Pendidik. Luar Sekolah

Cahyati, F.T. 2018. Peranan Karang Taruna dalam Pemberdayaan Pemuda: Studi Terhadap Karang Taruna Eka Kriya di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. E-Civ. 7, 635–648.

Harmaizar. 2003. Menangkap Peluang Usaha. Bekasi: CV Dian Anugerah Prakasa Hufad, Ahmad. dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat: Konsep dan Refleksi Praksis Pendidikan Masyarakat. Bandung : UPI Press.

Indonesia, K.S.R. 2010. Pedoman Dasar Karang Taruna. Kementerian Sosial Republik Indonessia

Kawalod, Farra Aprilia. dkk. 2015. Peranan Organisasi Karang Taruna dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Suatu Studi di Desa Tewasen, Desa Pondos, Desa Elusan, Desa Wakan Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan). Jurnal Administrasi Publik. Karimah, F. 2014. Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Desa Deket Kulon, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan).

J. Adm. Publik 2, 597–602. Kamil, Mustofa. (2011). Pendidikan Non formal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Komikan Di Jepang). Bandung: Alfabeta.

Muslam, M., dan Fatkuroji, F. 2016. Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Melalui Program Remaja Pintar Berbasis Agama Desa Wisata Kandri Kota Semarang. Dimas J. Pemikir. Agama Untuk Pemberdaya. 16, 145–166.

Prhamathana, M.D. 2015. Kinerja Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan

Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah dalam Pemberdayaan Pemuda di Lampung Tengah (PhD Thesis). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Republik Indonesia. 2010. Pedoman Kelompok Usaha Bersama. Jakarta: Kementerian Sosial RI Rifa’i, B. 2013. Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Sumber 100, 2–59.

Salamet J. dan Sutardjo. (1978). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Sosial Desa. Yogyakarta : LPSPK UGM.. Strauss, Anselm. 2007. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Kerja Sudjana, Nanang. 2010. Evaluasi Proyek Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Bandung press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejhteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung : PT Refika Aditama Sunit, Agus T. (2008). Pemberdayaan Komunitas Terpencil di Provinsi NTT. Yogyakarta: B2P3KS Press Surachman, W. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung :

Erlangga Trisnani, W.T. 2014. Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Usaha Ekonomi Produktif Pada Karang Taruna Jayakusuma Di Desa Singosaren Banguntapan Bantu. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta Wahjudi, Djaja. 2007. Pemuda Harapan Bangsa. Klaten: Cempaka Putih. Wenti. 2013. Ejournal Pemerintahan Integratif. Eksistensi Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan (Studi Kasus di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung). Jurnal Administrasi Publik.

Widiastuti, N., dan Kartika, P. 2017. Penerapan Model Kelompok Usaha Kreatif Islami (Kukis) Dalam Pemberdayaan Perempuan Berbasis Pondok Pesantren. Empower. J. Ilm. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. 6, 20–29.

Widjajanti, K. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat. J. Ekon. Pembang. Kaji. Masal. Ekon. Dan Pembang. 12, 15–27.

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Krisnawati Setyaningrum N, Renny Aprilliyani, & Dyah Palupiningtyas. (2023). Peranan Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pembangunan Dusun Ngaduman. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.77

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.