Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAS Simatorkis Kecamatan Rao Selatan

Authors

  • Juliana Pasaribu Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ulva Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Januar Januar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i4.974

Keywords:

Aqidah Morals, Differentiated Learning, Teachers

Abstract

This study is prompted by challenges in implementing differentiated learning, including the time and preparation demands on teachers, reduced student engagement without effective communication ofthe approach, insufficient teacher training in designing and managing differentiated learning, and resource constraints, such as limited facilities for Aqidah Akhlak-aligned materials. The focus is on class X students, and the research employs a qualitative approach, collecting data through observation, interviews with school officials and teachers, and documentation at MAS Simatorkis, South Rao District. Results indicate successful differentiation in Aqidah Akhlak learning, fostering increased student participation, active engagement, and application of religious values in daily life. Key findings stress the importance of diverse learning methods, relevant materials, and tailored attention to individual student needs, considering varying levels of understanding.

References

Aminuddin. (2006). Membangun karakter dan kepribadian melalui pendidikan agama Islam. Graha Ilmu.

Andini, W. (2016). Differentiated instruction: Solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Pendidikan, 2(3), 340–349. https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Media Ilmiah Pendidikan, 13(1).

Arifmiboy, & dkk. (2022). Penerapan metode ceramah PLUS dalam pembelajaran PAI selama pandemi Covid-19 di kelas V SD N 02 Sungai Rumbai Kabupaten Dhamasraya semester ganjil. Tahun ajaran 2021-2022. Multidisiplin Ilmu, 1(1).

Bayumi, & dkk. (2021). Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi. Deupublis.

Deswalantri, & dkk. (2022). Pengaruh penerapan model learning CYCLE 5E terhadap hasil belajar PAI siswa di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. Multidisiplin Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.248

Fais, A., & dkk. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada Modul 2.1. Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fatoni, A. R. (2006). Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi. PT Rineka Cipta.

Fitria, N. S. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782

Gusteti, U. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Ilmiah Pendidikan Matematika dan Statistika, 3(3). https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hamidah, J., & Oktaviani. (2023). Pengaruh motivasi belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa MAN 1 Pulang Pisau. Ilmiah Kependidikan, 4(3), 254–262. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2652

Hidaya, N. (2019). Aqidah akhlak. Kementerian Agama.

Jenri, A., Ambarita, & Simanullang, P. S. (2023). Pengantar pembelajaran berdiferensiasi. Adab.

Lukitaningtyas, D. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS (materi manusia PRA-AKSARA). Pendidikan dan Kebudayaan, 2(3).

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Kridatama Sains dan Teknologi, 5(1). https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692

Purba, M., & dkk. (2021). Pinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Rahmi, U., Saskia, A., & Murmahdi. (2023). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Kec Payakumbuh. Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.631

Sugiarti, N. (2022). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Bapala, 9(9), 157–164.

Wahyuningsari, D., & dkk. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jendela Pendidikan, 2(4). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2024-08-19