Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAS Simatorkis Kecamatan Rao Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i4.974Keywords:
Aqidah Morals, Differentiated Learning, TeachersAbstract
This study is prompted by challenges in implementing differentiated learning, including the time and preparation demands on teachers, reduced student engagement without effective communication ofthe approach, insufficient teacher training in designing and managing differentiated learning, and resource constraints, such as limited facilities for Aqidah Akhlak-aligned materials. The focus is on class X students, and the research employs a qualitative approach, collecting data through observation, interviews with school officials and teachers, and documentation at MAS Simatorkis, South Rao District. Results indicate successful differentiation in Aqidah Akhlak learning, fostering increased student participation, active engagement, and application of religious values in daily life. Key findings stress the importance of diverse learning methods, relevant materials, and tailored attention to individual student needs, considering varying levels of understanding.
References
Aminuddin. (2006). Membangun karakter dan kepribadian melalui pendidikan agama Islam. Graha Ilmu.
Andini, W. (2016). Differentiated instruction: Solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Pendidikan, 2(3), 340–349. https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Media Ilmiah Pendidikan, 13(1).
Arifmiboy, & dkk. (2022). Penerapan metode ceramah PLUS dalam pembelajaran PAI selama pandemi Covid-19 di kelas V SD N 02 Sungai Rumbai Kabupaten Dhamasraya semester ganjil. Tahun ajaran 2021-2022. Multidisiplin Ilmu, 1(1).
Bayumi, & dkk. (2021). Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi. Deupublis.
Deswalantri, & dkk. (2022). Pengaruh penerapan model learning CYCLE 5E terhadap hasil belajar PAI siswa di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. Multidisiplin Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.248
Fais, A., & dkk. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada Modul 2.1. Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fatoni, A. R. (2006). Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi. PT Rineka Cipta.
Fitria, N. S. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Gusteti, U. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Ilmiah Pendidikan Matematika dan Statistika, 3(3). https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hamidah, J., & Oktaviani. (2023). Pengaruh motivasi belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa MAN 1 Pulang Pisau. Ilmiah Kependidikan, 4(3), 254–262. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2652
Hidaya, N. (2019). Aqidah akhlak. Kementerian Agama.
Jenri, A., Ambarita, & Simanullang, P. S. (2023). Pengantar pembelajaran berdiferensiasi. Adab.
Lukitaningtyas, D. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS (materi manusia PRA-AKSARA). Pendidikan dan Kebudayaan, 2(3).
Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Kridatama Sains dan Teknologi, 5(1). https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692
Purba, M., & dkk. (2021). Pinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Rahmi, U., Saskia, A., & Murmahdi. (2023). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Kec Payakumbuh. Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.631
Sugiarti, N. (2022). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Bapala, 9(9), 157–164.
Wahyuningsari, D., & dkk. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jendela Pendidikan, 2(4). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.