Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tokoh Utama dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi dengan Pendekatan Objektif

Authors

  • Ismanto Ismanto Universitas Alma Ata Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i4.954

Keywords:

Overseas Children, Ahmad Fuadi, Local Wisdom, Objective Approach, Minangkabau

Abstract

This research analyzes the local wisdom values contained in the novel Anak Rantau by Ahmad F in using an objective approach. An objective approach is used to understand the meaning and message contained in the literary work without influencing the analysis with the researcher's subjective views. The purpose of this research is to identify Ahmad Fuadi's ideas in nasi and describe the local wisdom values ​raised by him. Through in-depth textual analysis, it was found that this novel contains various local wisdom values such as mutual cooperation, respect for parents, perseverance, and honesty. Apart from that, Minangkabau cultural values such as the basandi syarak custom, syarak basandi kitabullah, and the importance of education are also very prominent in the story. These values are not only characteristic of the culture adopted by the author, but also make a significant contribution in shaping the character and morality of the characters. Thus, the novel Anak Rantau not only functions as an entertaining literary work but also as an educational medium that introduces and emphasizes the importance of local wisdom in everyday life.

 

References

Abdulfatah, M. R., Widodo, S. T., & Rohmadi, M. (2018). Pendidikan karakter dalam novel Mahamimpi Anak Negeri karya Suyatna Pamungkas: Tinjauan psikologi sastra. Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 12–23. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/download/2412/pdf

Afriliana, V. A., Umaya, N. M., & Handayani, P. M. (2023). Nilai moral dalam novel A Untuk Amanda karya Annisa Ihsani sebagai pembentuk karakter bagi peserta didik SMA melalui pembelajaran sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 183–192.

Aji, M. S., & Arifin, Z. (2021). Kritik sosial dalam novel Orang-orang Oetimu karya Felix K. Nesi serta relevansinya sebagai bahan ajar di SMA: Tinjauan sosiologi sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 72–82.

Andani, N. S., Raharjo, R. P., & Indarti, T. (2022). Kritik sosial dan nilai moral individu tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 21–32.

Andhini, A. D., & Arifin, Z. (2021). Gaya bahasa perbandingan dalam novel Catatan Juang karya Fiersa Besari: Kajian stilistika dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 44–57.

Anggerenie, N., Cuesdeyeni, P., & Misnawati, M. (2020). Seksualitas tiga tokoh perempuan dalam novel Sunyi di Dada Sumirah karya Artie Ahmad dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 67–81.

Anugera, I. R., & Arifin, Z. (2021). Struktur pembangun dalam novel Faith & The City karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra serta relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 108–121.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai sosial dalam novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati: Tinjauan sosiologi sastra dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 13–22.

Aziz, A. (2021). Analisis nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 1–6.

Aziz, A., & Misnawati, M. (2022, July). Nilai budaya novel Bulan Terbelah di Langit Amerika oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. In Prosiding Seminar Nasional Sasindo (Vol. 2, No. 2).

Fuadi, A. (2017). Anak Rantau. Falcon.

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis sosiologi sastra nilai-nilai pendidikan karakter novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 7–17.

Misnawati, M. (2023). Melintasi batas-batas bahasa melalui diplomasi sastra dan budaya: Crossing language boundaries through literary and cultural diplomacy. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 185–193.

Musyawir, M. (2022, November). Pembelajaran inovatif untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (studi meta-sintesis). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 1, No. 2, pp. 15–29).

Sari, A. R., Usop, L. S., Lonarto, L., Peronika, N. W., & Fauzi, R. (2022, May). Analisis karakter tokoh dalam novel Aku Mencintainya Mama karya Fredy S. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 1, No. 1, pp. 46–59).

Sari, C. G. N. K., & Arifin, Z. (2021). Pendidikan karakter dalam novel Kala karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad: Pendekatan sosiologi sastra dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 94–107.

Sari, E., Misnawati, M., Linarto, L., Poerwadi, P., & Ramadhan, I. Y. (2023, April). Nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Savana karya Tere Liye dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 83–107).

Setyorini, N. (2017). Kajian arkeptipal dan nilai kearifan lokal legenda Purworejo serta relevansinya sebagai bahan ajar kajian prosa. Literasi, 7(2), 94–102.

Sri. (2018). Nilai kearifan lokal dalam novel Mahabharata karangan Nyoman S. Pendit. Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprapto. (2018). Kepribadian tokoh dalam novel Jalan Tak Ada Ujung karya Muchtar Lubis: Kajian psikoanalisis Sigmund Freud. Metafora, 5(1), 54–69. https://doi.org/10.30595/mtf.v5i1.5028

Yoga, M. S., Purnomo, B., & Munifah, S. (2020). Nilai sosial dalam novel 24 Jam Bersama Gaspar karya Sabda Armandio. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 42–47. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS

Published

2024-08-12