Campur Kode Bahasa Inggris Dalam Novel Wedding Agreement Karya Mia Chuz Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Teks Iklan, Slogan, Dan Poster Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i2.404Keywords:
code mixing, novel, implicationAbstract
The Wedding Agreement novel by Mia Chuz is a form of written literature containing code-mixed language elements. Code mixing is presented in the form of inserting English elements into Indonesian. The purpose of this study was to describe the form of linguistic elements, the causal factors and the function of mixing the English code in the novel Wedding Agreement by Mia Chuz and the implications for learning advertising texts, slogans and posters for class VIII SMP. The approach used in this study is a qualitative approach using content analysis techniques. The results of the study found 120 data containing the form of linguistic elements of English code mixing in the form of inserting elements in the form of words, phrases, basters, and clauses as well as 7 causal factors and 8 functions of English code mixing in Mia Chuz's novel Wedding Agreement.
References
Apatama, F. K., Perdana, I., Usop, L. S., Purwaka, A., & Misnawati, M. (2023). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Film Imperfect The Series 2 Yang Disutradarai Oleh Naya Anindita. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 230-243.
Azhar, I. N. (Ed). 2011. Sosiolinguistik Teori dan Praktik. Surabaya: Lima-Lima Jaya.
Chuz, Mia. 2020. Wedding Agreement. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Dahlia, D. M. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Novel Pastelizzie Karya Indrayani Rusady dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 01-11.
Dahniar, A., & Sulistyawati, R. (2023). Analisis Campur Kode Pada Tiktok Podcast Kesel Aje Dan Dampaknya Terhadap Eksistensi Berbahasa Anak Milenial: Kajian Sosiolinguistik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 55-65.
Darihastining, S., Mardiana, W., Misnawati, M., Sulistyowati, H., Rahmawati, Y., & Sujinah, S. (2023). Penerapan Berbagai Hipotesis Pemerolehan Bahasa Kedua Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 685-698.
Edi, E., Usop, L. S., Perdana, I., Elnawati, E., & Oktaviani, S. (2022, May). Campur kode pada novel resign!(2018) karya almira bastari. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 75-89).
Fathurrohman, dkk. 2013. Bentuk dan Fungsi Campur Kode dan Alih Kode pada Rubrik “Ah… Tenane” dalam Harian Solopos. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 2, No. 1.
Hamid, A. (2023, April). Peran Bahasa (Indonesia) Dalam Menjaga Keberlanjutan Lingkungan Hidup. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 42-53).
Istikharoh, I., Nurachmana, A., Usop, L. S., Diman, P., & Veniaty, S. (2023, April). Alih Kode Pada Konten Vlog Dalam Kanal Youtube Turah Parthayana. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 15-30).
Nadiroh, S., Rini, I. P., Pratiwi, D. E., & Istianah, I. (2022, May). Tindak Tutur Ilokusi pada Film Tak Kemal Maka Tak Sayang Karya Fajar Bustomi. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 192-208).
Nuraini, Desi Juwita. 2022. Skripsi: Campur Kode Tuturan Youtuber Jang Hansol dalam Vlog Pada Kanal Youtube Korea Reomit. Palangka Raya: Universitas Palangka Raya.
Natalia, A., Linarto, L., Poerwadi, P., Purwaka, A., & Misnawati, M. (2023). Pilihan Bahasa Dalam Komunikasi Mahasiswa Multietnik PBSI Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Berbicara Pada Siswa SMA. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 122-141.
Nurgiyantoro, B. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.
Poedjosoedarmo, S. 1984. Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma.
Putri, M., Purwaka, A., Perdana, I., & Misnawati, M. (2023). Tindak Tutur Penolakan Ekspresif dalam Bahasa Dayak Maanyan Paju Epat di Desa Sababilah. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 142-152.
Sitepu, K. H. B., Poerwadi, P., & Linarto, L. (2021). Realisasi Ilokusi Tindak Tutur Direktif Dalam Dialog Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Biologi di SMAK Santo Aloysius Palangka Raya. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 79-90.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhandra, Ika Rama. 2019. “Hubungan Bahasa, Sastra, dan Ideologi”. Jurnal Cordova, Vol. 9, No. 2.
Sumarsono. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Jember: Graha Ilmu.
Sukmana, dkk. 2021. “Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Acara Mata Najwa pada Stasiun Televisi Trans7”. Jurnal Kredo Vol. 5, No. 1.
Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset.
______. 1996. Sosiolinguistik. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Tohang, V. M., Poerwadi, P., Purwaka, A., Linarto, L., & Misnawati, M. (2023). Campur Kode Dalam Percakapan Komunitas Mahasiswa Di Asrama Lamandau Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Cerpen Siswa SMA Kelas XI. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 153-168.
Usop, L. S., Perdana, I., Poerwadi, P., Diman, P., & Linarto, L. (2021). Campur Kode Dalam Iklan Penawaran Barang di Forum Jual Beli Online Facebook Kota Palangka Raya (Kajian Sosiolinguistik). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 18-31.
Waruwu, T. K. Y., Isninadia, D., Yulianti, H., & Lubis, F. (2023). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KONTEN PODCAST CAPE MIKIR WITH JEBUNG DI SPOTIFY: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 115-123.
Wiyanto, M. S., Misnawati, M., & Dwiyanti, D. R. (2022). Penerapan Strategi Penolakan dalam Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris antara Guru dan Siswa di SMK PGRI 1 Jombang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3076-3084.