Penggunaan Model Pembelajaran Probing – Prompting Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPS Kelas VII MTsN 1 Trenggalek
DOI:
https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.192Keywords:
Probing – Prompting, motivasi, hasil belajarAbstract
Permasalahan kegiatan pembelajaran yakni menurunnya semangat siswa pada mata pelajaran IPS terdeteksi semenjak mereka masuk offline terutama kelas VII di MTsN 1 Trenggalek setelah adanya pembelajaran online daring (dalam jaringan) selama dua tahun, sebagai akibat dari adanya pandemi covid-19. Hal tersebut merupakan alasan adanya penelitian ini. Sebagai bentuk usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian menggunakan model pembelajaran Probing – Prompting dirasa mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif metode quasi experiment. Peneliti mengambil populasi siswa kelas VII dan mengambil sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposif Sampling yakni penentuan sampel berdasarkan alasan dan pertimbangan tertentu. Melalui teknik tersebut sampel penelitian adalah kelas VII-H (kelas eksperimen) dan VII-I (kelas kontrol). Pengumpulan data dengan cara observasi, instrumen (post-test, angket), dokumentasi. Analisis data menggunakan uji pra-syarat untuk mengolah data menggunakan uji T-Tes dan uji Manova. Dengan hasil hipotesis Ha keseluruhan dapat diterima.
References
Alwan, & dkk. (2017). Faktor - Faktor yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal Edu Fisika, 30.
Apriyanti, E., & dkk. (2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probing – Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biology and Education, 53.
Elvandari, H., & Supardi, K. I. (2016). Penerapan Model Probing - Prompting Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1652.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Indrianto, N., & Supomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Jayanti, & Rahmawati. (2018). Pembelajaran Menggunakan Teknik Probing Prompting Berbantu Edmodo Blended Learning Pada Materi Persamaan Diferensial Matematis Mahasiswa di Universitas PGRI Palembang,. Prosiding Seminar Nasional, 458-465.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model - Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 2.
Laka, B. M., & dkk. (2020). Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 70.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida, 89.
Nur, Z. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 di MTs Negeri 1 Makassar. Jurnal Educandum, 124.
Octavia, S. A. (2020). Model - Model Pembelajaran. Sleman: Deepublish.
Peni, N., & dkk. (2021). Pembelajaran Probing – Prompting Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 96.
Rionga, A. L. (2021). Perencanaan Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 di MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Tanjung Pura: Prosiding Universitas Dharmawangsa.
Rusman. (2011). Model - Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Harmoni Sosial, 3
Sundari, H. (2015). Model - Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 109
Utami, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi. Jurnal Riksa Bahasa, 152
Wahab, A. (2009). Metode dan Model - Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.
Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.