KONTRIBUSI ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mai Sri Lena Universitas Negeri Padang
  • Sartono Sartono Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Devi Elia Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nia Indah Susanti Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.182

Keywords:

Kontribusi, Orang tua, Kendala orang tua

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan menggerakkan pertisipasi orang tua dalam proses kegiatan pembelajaran siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi orang tua dalam pendampingan belajar siswa sekolah dasar. Macam-macam kegiatan yang dilakukan adalah kuantitatif dengan responden 150 orang tua kelas 1 sampai kelas 6 SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian angket dan melalui google from. Data yang diperoleh kemudian dicek dan di analisis bagaimana peran orang tua dalam mendampingi siswa selama pembelajaran dirumah ataupun disekolah. Kemudian, kendala yang dihadapi orang tua dalam mendampingi belajar siswa adalah waktu dan biaya serta pemahaman materi oleh orang tua.

References

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4-6, https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Handayani, T. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring. Di Desa Ngarapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Irhamna. (2016). Analisis Kendala Yang Dihadapi Orangtua Dalam Menanamkan Akhlak

Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darusalam Kota Bengkulu. Journal IAIN Bengkulu.

Khasanah, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Kelompok B Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Lain) Purwokerto. Skripsi.

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Mansur, H. . J. M. et al. (2021). The Problem of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Elementary Education Online, 20(4), 168–175.

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus

Jurnal Basicedu, 5(2), 683– 696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Utami, Y. P., Alan, D., & Cahyono, D. (2020). Study At Home : Analisis Kesulitan Belajar.

Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26.

Vonderwell, S., & Zachariah, S. (2005). Factors that influence participation in online learning. Journal of Research on Technology in Education, 38(2), 213–230. https://doi.org/10.1080/15391523.2005.10782457

Downloads

Published

2023-06-20