Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Anak Tunagrahita

Authors

  • Denanda Yustika Sari Universitas Sains Al-Qur’an
  • Maria Ulfah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Destiana Rahayu Universitas Sains Al-Qur’an
  • Avni Khanafiyah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Sofi Asiyah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Lailia Nur Baity Universitas Sains Al-Qur’an
  • Firman Ade Purnomo Universitas Sains Al-Qur’an
  • Hidayatu Munawaroh Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i1.1221

Keywords:

Interactive Media, Intellectual Disabilities, Media Influence

Abstract

Children with intellectual disabilities have below-average intellectual abilities that can affect their cognitive and memory skills. These children require special learning strategies tailored to their needs. This study aims to review the literature on the impact of using interactive media in teaching children with intellectual disabilities, focusing on their motivation and learning outcomes. The study employs a qualitative approach using a literature review method, analyzing various sources that discuss the effectiveness of interactive media, such as visual, audio, audiovisual, and interactive tools, in enhancing motivation and understanding among children with intellectual disabilities. The findings indicate that the use of interactive learning media can make learning more concrete, engaging, and enjoyable, effectively increasing students' motivation and interest in learning. The application of interactive media, such as pictures, animations, and teaching aids, is also effective in improving cognitive skills and short-term memory, enabling children to recognize letters, numbers, and early reading skills.

References

Al, W., Widyasari, I. H., Sukmanasa, & Irdiyansyah, I. (2023). Analisis gaya belajar visual pada siswa tunagrahita kategori sedang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 167–172.

Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi multimedia development pada aplikasi media pembelajaran untuk anak tunagrahita. Majalah Ilmiah Unikom, 18(2), 51–58.

Ardelia, S. N., Yulianti, G., Fatmawati, V., & Rofisian, N. (2024). Implementasi penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(3), 977–980.

Asmayanti, A., Budiyono, H., & Syuhada, S. (2022). Penggunaan media video berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik untuk siswa tunagrahita di sekolah luar biasa. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 231–241.

Elbazs, Q. A., Derta, S., Efriyanti, L., & Khairuddin. (2022). Desain media pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB Amanah Bunda Sitapung Nagari Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek Agam. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 212–222.

Gresilia, T., Junaidi, A., & Kamal, M. (2023). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus (anak tunagrahita). Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 159–178.

Hayati, T. N., Ilma, N., Haliza, S. N., Anggraeni, D. P., & Ruby, A. C. (2023). Pengaruh penggunaan media Kadara terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak tunagrahita. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(2), 185–194.

Kurniawan, D. D., & Avianto, D. (2023). Pemanfaatan augmented reality untuk media pembelajaran alat transportasi bagi anak tunagrahita sedang. JOSH: Journal of Information System Research, 5(1), 261–270.

Maulidiyah, F. N. (2020). Media pembelajaran multimedia interaktif untuk anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100.

Misnawati, M., Asi, N., Anwarsani, A., Rahmawati, S., Rini, I. P., Syahadah, D., et al. (2023). Inovasi metode STAR: Best practice. Badan Penerbit Stiepari Press.

Oslim, M., & Suranto, B. (2024). Perancangan user experience aplikasi pembelajaran agama Islam (belajar ciptaan Allah) untuk anak tunagrahita. JIPI: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 9(3), 1100–1111.

Padmadiani, A., Jauhari, M. N., & Badiah, L. I. (2021). Pengaruh media pembelajaran interaktif untuk pendidikan seks usia dini bagi siswa tunagrahita. Special and Inclusive Education Journal, 2(2), 110–118.

Putry, A. D. F., Latuconsina, D. F. A., & Ratnaduhita, N. (2021). Desain interaktif pengenalan ragam hewan kepada anak usia dini penyandang tunagrahita dengan menggunakan metode MIDLC. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 253–268.

Rachmayana, D. (2013). Di antara pendidikan luar biasa: Menuju anak masa depan yang inklusif. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Rahmadini, A., & Fatmawati, D. P. (2024). Pengaruh media Eat the Vocal terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak tunagrahita. Jurnal Basicedu, 8(1), 892–899.

Ratnawulan, T., Qohar, H. A., & Rahman, S. A. P. (2022). Pengembangan media pembelajaran membaca permulaan melalui permainan papan kata bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6688–6694.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan flashcard berbasis karakter hewan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan. JPE: Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37–46.

Sarita, Y. R., Juniawan, H., & Udiyani, R. (2021). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kemampuan memori jangka pendek pada anak tunagrahita sedang. Nursing Sciences Journal, 5(2), 81–91.

Simarmata, J. E., Mone, F., Laja, Y. P. W., & Laki, A. G. (2022). Pengenalan konsep geometri bagi anak tunagrahita ringan melalui media pembelajaran alat peraga. Jurnal Anugerah, 4(1), 1–9.

Tarigan, A. (2022). Pembelajaran modeling melalui penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman konsep kanan-kiri anak tunagrahita sedang kelas V SLB-C Abdi Kasih Medan Labuhan tahun pelajaran 2018–2019. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Teknologi, 2(2), 28–42.

Thariq, A., Tangke, D. M., Andriany, D., & Leleury, C. M. (2024). Penerapan media pembelajaran interaktif bagi anak disabilitas di SLB Negeri Kota Ambon. Papua Journal of Community Service, 6(1), 25–30.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Denanda Yustika Sari, Maria Ulfah, Destiana Rahayu, Avni Khanafiyah, Sofi Asiyah, Lailia Nur Baity, … Hidayatu Munawaroh. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Anak Tunagrahita . Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 376–385. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i1.1221