Tinta Emosi: Petualangan Puisi Saat Galau Yang Menginspirasi

Authors

  • Henny Futry Ananti Universitas Lambung Mangkurat
  • Jumadi Jumadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Dwi Wahyu Candra Dewi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.625

Keywords:

poetry, confusion, emotional expression, psychological therapy

Abstract

Poetry is an art form that allows writers to express troubled feelings with beautiful and deep words. This journal, “Emotional Ink: An Inspiring Poetry Adventure When You're Upset,” explores the relationship between anxiety and creativity in poetry. In the introduction, this journal introduces the importance of poetry as a unique medium of expression and provides an overview of the research aims. The research method uses a literature review to gain in-depth insight into leadership and team productivity. The results and discussion explain the role of poetry as a means of emotional expression and psychological therapy, while the conclusions highlight the power of poetry as a healing tool during difficult times.

References

Afifah, H. Z., & Jamjam, A. (2020). Arudl, qafiyah, dan pesan moral pada puisi-puisi Al-Ainiyyah dalam antologi Qais bin Dzarih. Hijai-Journal on Arabic Language and Literature, 3(1), 28-35.

Aryanto, S., Rony, Z. T., Suharjuddin, S., & Putri, F. D. C. (2020). Implementasi metode scaffolding dalam membuat puisi berbasis ecoliteracy pada anak-anak penghuni Lapas Salemba. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2).

Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan struktural. KARIMAH TAUHID, 1(1), 48-57.

Avicenna, A. (2021). Aplikasi Teori Belajar Kontruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas 1 SMA Satria Makassar. YUME: Journal of Management, 4(3).

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39-46.

Fathoni, M. A., & Hasanudin, C. (2022, June). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi pada anak SMP. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 10-15).

Febrianti, A., Destiana, S. C., & Nugraha, M. I. (2022). Analisis Majas Dan Citraan Pada Puisi “Bawa Saja Aku” Karya Heri Isnaini Dengan Pendekatan Stilistika. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 28-34.

Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Metode Experiential Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 35-43.

Hasan, H. (2022). Penerapan metode field trip dalam menulis puisi siswa kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 27-33.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Al Aziz, I. S. A. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa pada puisi-puisi karya Fadli Zon. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 13-26.

Huliatunisa, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik Pada Pembelajaran Tematik. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 121-133.

Iswari, D. A., & Indihadi, D. (2021). Analisis Tipografi Tulisan Puisi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 652-662.

Jayanti, F., Surastina, S., & Permanasari, D. (2022). KEMAMPUAN MENULIS PUISI MODERN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-11.

Maulidah, T. (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(01), 64-70.

Mustika, I., & Isnaini, H. (2021). Konsep Cinta pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Semiotika Carles Sanders Pierce. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(1), 1-10.

Nur, M., Burhanuddin, B., & Mannahali, M. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. INTERFERENCE Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 64-70.

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 1.

Putri, E. M. (2019). Puisi Akrostik: Cara Mudah Membuat Puisi. Goresan Pena.

Rahayu, I. S. (2021). ANALISIS KAJIAN SEMIOTIKA DALAM PUISI CHAIRIL ANWAR MENGGUNAKAN TEORI CHARLES SANDERS PIERCE. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 15(1).

Rahmawati, R., Apriliya, S., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan Rubrik Penilaian Menulis Puisi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 663-674.

Rahmayantis, M. D., & Lailiyah, N. (2021). Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 243-254.

Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 10(2), 107-116.

Sari, N. I., & Randi, R. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153-161.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis Unsur Intrinsik dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114.

Tiadilona, W., Munaris, M., & Prasetyo, H. (2023, May). Analisis Pendekatan Struktural Pada Puisi Berjudul “SILHUET” Karya Taufiq Ismail. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 236-250).

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Henny Futry Ananti, Jumadi Jumadi, & Dwi Wahyu Candra Dewi. (2023). Tinta Emosi: Petualangan Puisi Saat Galau Yang Menginspirasi. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.625

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.