Penerapan Media Smart Clothes dalam Mengoptimalkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Konsep Dasar Energi di Kelas 3 SDN Kaliwates 02 Jember

Authors

  • Fitria Dira Novalina Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Suwignyo Prayoga Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Siti Nur Halimah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v3i2.1406

Keywords:

energy concept, Learning media, student understanding

Abstract

The purpose of this study was to determine how effective smart clothing is in improving students' understanding of basic energy concepts in grade 3 of SDN Kaliwates 2 Jember. Smart Clothing Media consists of clothing cards with different energy images that help students understand the material visually and kinesthetically through grouping activities and group discussions. This study was conducted through a qualitative approach with a descriptive research type used. Interviews, documentation, and observation are data collection methods. The results of the study indicate that the use of this media can increase students' interest in learning, students' active involvement in learning, and their understanding of the material. Smart Clothing Media is considered effective because it presents material in a concrete, interactive, and fun way, thus supporting the achievement of science learning objectives optimally.

 

 

 

References

Arsyad, A. . Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada,2016.

Asi, Y. E., Elvira, E., Waruwu, N., Hartani, D., & Henita, M. (2022). Tingkat Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Drama. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 57-64.

Bere, G. B. (2023, May). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI AK. 1 SMK St. Willibrodus Betun Tahun Pelajaran 2022/2023. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 227-235).

Christy, N. A. (2020). Revitalisasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia selama masa pandemi covid-19. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 1-15.

Datu, Y. L., Nyoto, N., Diplan, D., & Manesa, F. X. (2023, April). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Peserta Didik Kelas IV-A Di SDN 8 Menteng Palangka Raya. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 31-41).

Elvyra, E., & Pratiwi, T. L. (2023). The Effect of Using Kahoot In Writing Functional Text For Senior High School Students. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 104-114.

Fadila, T. I., & Susetyo, B. (2023). Pengaruh Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 49-54.

Fahik, M. (2023, May). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 215-226).

Farida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Sukolilo Pati Terhadap Pengerjaan Soal Berbasis Pembuktian. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 124-131.

Gresheilla, R. S., Femmy, F., Simpun, S., & Diplan, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas IV-A SDN 6 Menteng Tahun Pelajaran 2022/2023. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 137-149.

Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1-215.

Hidayanti, D. N. Kumalasari, G. & Riswandani, A. Definisi Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Pengenrejo 2. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2023.

KHAATIMAH, Husnul; WIBAWA, Restu. Efektivitas model Pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2017.

NASUTION, Suhailasari; NURBAITI, Arfannudin. Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII. Guepedia, 2021.

Pratiwi, R. N., Setiawan, A., & Mubarok, H. Implementasi Pembelajaran Inovatif melalui Media Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2021.

Sangadji, E.M dan Sopiah. Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: ANDI, 2010.

Silberman, M. (2015). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Trianto. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Anak Usia Dini TK/RA dan SD/MI. Jakarta: Kencana, 2014.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Fitria Dira Novalina, Muhammad Suwignyo Prayoga, & Siti Nur Halimah. (2025). Penerapan Media Smart Clothes dalam Mengoptimalkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Konsep Dasar Energi di Kelas 3 SDN Kaliwates 02 Jember. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 3(2), 363–371. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v3i2.1406

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.