Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Wish Dragon Produksi Sony Pictures
DOI:
https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i3.937Keywords:
Education, Moral Value, FilmAbstract
The purpose of this research is to determine the value of character education in the film wish dragon. The method used by the author is a qualitative descriptive method. And the analysis technique used is to collect data about the film scenes to find out the moral values contained in the film. The research results obtained from the analysis of moral value education in the wish dragon film show that this film reflects many moral values, and to help children socialize well means it can be used to teach moral values.
References
Alfianie, A., Cuesdeyeni, P., Nurachmana, A., Purwaka, A., & Nurfitria, I. (2022, May). Ekranisasi unsur intrinsik novel Antares karya Rweinda ke dalam film Antares yang disutradarai oleh Rizal Mantovani. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 1, No. 1, pp. 134–148).
Andika, D. W., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., & Nurachmana, A. (2023). Analisis nilai perjuangan tokoh utama pada film Battle of Surabaya disutradarai oleh Aryanto Yuniawan. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 112–121.
Asti Ramadhani Endah Lestari, R. M. (2023). Deiksis. Deiksis, 15(2), 132–144. https://doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.17146
Apifah, D. N., Nurachmana, A., Asi, Y. E., Ummy, R., & Saptaniarsih, W. (2022, May). Analisis nilai religius tokoh utama film animasi Upin dan Ipin: Geng Pengembaraan Bermula. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 1, No. 1, pp. 90–109).
Auliya, B., Asi, Y. E., Linarto, L., Purwaka, A., & Misnawati, M. (2024, May). Analisis nilai perjuangan dalam film Jembatan Pensil disutradarai oleh Hasto Broto dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 3, No. 1, pp. 28–38).
Film, Wish Dragon (2021). Sony Pictures.
Fitria, I., Linarto, L., Diman, P., Poerwadi, P., & Misnawati, M. (2023). Proses ekranisasi unsur intrinsik novel ke dalam film Kisah Untuk Geri serta implikasinya ke dalam pembelajaran sastra. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 217–234.
Kalesaran, E. R. (2017). Persepsi mahasiswa pada film Senjakala di Manado.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Hanafiah. (2022). Penanggulangan dampak learning loss dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada sekolah menengah atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
Olimpia, S., Nurachmana, A., Perdana, I., Asi, Y. E., & Ramadhan, I. Y. (2023, April). Analisis semiotik dalam film KKN Desa Penari karya Awi Suryadi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 186–193).
Tanjung, Y., Ginting, D. A., Barus, E. S., & Lubis, F. (2023). Analisis deiksis pada film Losmen Bu Broto. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 173–182.
Teeuw, A. (1984). Sastra dan ilmu sastra. Pustaka Jaya.
Ulfiani, T. (2012). Peran boarding school pada SMP IT Abu Bakar Yogyakarta sebagai salah satu upaya penerapan pendidikan karakter. Pendidikan Karakter, 1(2), 14–53. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8026
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.