ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI TINGKAT SMP

Authors

  • Kartika Birawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amira Prameswati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Gefika Abdulrafi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Raina Az Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahmad Fu’adin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.29

Keywords:

Kesalahan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Tujuan dari pengkajian ini adalah untuk menjelaskan kekeliruan yang dialami siswa serta menganalisis faktor penyebab kekeliruan siswa dalam mengerjakan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini termasuk dalam jenis eksploratif bersifat kualitatif yang dilakukan di salah satu bimbingan belajar di Bandung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang yang merupakan siswa kelas IX. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kesalahan siswa dalam menentukan solusi dari soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel adalah: (1) Kekeliruan konsep, (2) Kesalahpahaman dalam memahami soal, (3) Kekeliruan hitung. Faktor penyebabnya adalah kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, kurangnya latihan menyelesaikan soa-soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan kurangnya ketelitian dalam menentukan solusi dari soal.

References

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman KONSEP Matematis Siswa Dalam Materi Sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312.

Angga Murizal, dkk. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 1, No. 1.

Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 341–351.

Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2019). Gender and Mathematical Abstraction on Geometry. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012052

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim. (2018). The Students’ Mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With VBA-Microsoft Excel. Infinity, 7(2), 123–132. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p123-132

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan SPLDV. JPMI, 2(2), 77–86.

Kartika, Yuni. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar”. Jurnal pendidikan tambusai 2(4):777-785

Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Manibuy, R. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire– Papua (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Merdian, A., Sari, V. T. A., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Keaktifan Siswa Sma Dengan Pendekatan Problem Posing. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1).

Rahayu, P. (2012). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal SPLDV, 331– 340.

Rosida, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Sistem Persamaan linear dua variabel. Jurnal Analisa, 6(2), 163–172.

Zulfah, Z. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas Viii Mts Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12-16.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Kartika Birawan, Amira Prameswati, Muhammad Gefika Abdulrafi, Siti Raina Az Zahra, & Ahmad Fu’adin. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI TINGKAT SMP. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.29